Rabu, 18 November 2009


Sejarah:
Lahir pada 27 November 1942. Namanya diubah ayahnya dari Johnny Allen Hendrix menjadi James Marshall Hendrix. Terpengaruh oleh BB King, Muddy Waters, dll. Pernah bekerjasama dengan banyak tokoh R&B termasuk Little Richards, Curtis Knight, Ike Turner, sampai ia ‘ditemukan’ pemain bas The Animals Chas Chandler yang membawanya ke Inggris. ‘Jimi Hendrix Experience’ dibentuk pada 1966 dengan Noel Redding sebagai bassis dan Mitch Mitchell sebagai drummer. Pertunjukan live yang patut dicatat mencakup Monterey Pop Festival, Woodstock, dan Isle of Wight Festival. Meninggal dalam tidurnya, tercekik muntahannya sendiri, pada 18 September 1970.

Permainan:
Sensasional!!! Bending gila-gilaan, tukikan whammy-bar, feedback terkendali (dan yang tak terkendali) yang semuanya dimainkan pada Volume yang Sangat Keras. Komposisinya yang lebih tenang menonjolkan nada-nada gemulai yang lembut dengan hammer-on dan dinamika distorsi yang diatur petikan pick. Sangat memanfaatkan tangga nada minor pentatonis namun solo dan riff-nya yang lain juga menonjolkan tangga nada mayor pentatonis, Mixolydian, dan natural minor.

Peralatan:
Biasanya memainkan Strat untuk pemain tidak kidal dan digantung terbalik, melalui ampli Marshall. Ia juga menggunakan berbagai stompbox yang dimodif guru effect Inggris, Roger Mayer.

Album Penggertak:
Mulai dengan album Experience keluaran taun 1967 Axis: Bold As Love, namun pada akhirnya kamu harus membeli semua albumnya (Peringatan: jangan dekati rekaman awal taun 60an yang dirilis ulang-Jimi hanya seorang pemain rhythm cabutan di rekaman – rekaman ini!).

Los Angeles, Walaupun telah berpulang 38 tahun lalu Jimi Hendrix tetap hidup di hati pecintanya. Kini karakter Jimi sebagai musisi akan dihidupkan kembali dalam game komputer.

Jimi akan jadi bagian dalam edisi terbaru 'Guitar Hero' yang akan dirilis beberapa bulan lagi. Dikutip dari Contactmusic, Sabtu (26/7/2008) karakter Jimi akan bisa dimainkan oleh siapa saja.

Lagu miliknya, 'The Wind Cries Mary' dan versi live 'Purple Haze' yang direkam tahun 1969 di San Diego Sports Arena juga akan disuguhkan dalam 'Guitar Hero: World Tour'. Bersama lagu-lagu dari para rocker lainnya, kedua lagu hits Jimi ini bisa diunduh.

Edisi ke-4 permainan ini akan menyuguhkan 8 pemain band Battle of the Band yang dibagi dalam dua grup. Masing-masing harus menguasai alat drum, gitar dan mic untuk bertanding melawan satu sama lain.

Banyak band telah bergabung dalam game ini. Sebut saja Iron Maiden yang membiarkan beberapa lagunya untuk diunduh termasuk lagu 'Run to the Hills'. (kilasberita.com/amz/dtc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar